Harga Bibit Mangga Harumanis

Mangga harum manis merupakan salah satu varietas dari buah  mangga yang mana jenis yang satu ini memiliki banyak peminat,hal ini dikarenakan buah mangga arumanis memiliki bagian biji yang cenderung kecil dan memiliki daging yang sangat tebal,dan sedikit berair. 

Tidak banyak orang yang secara spesifik mengetahui bahwa manfaat buah mangga jenis arumanis ini sama dengan mangga pada umumnya, hal ini jelas berbeda,menurut sebuah Jurnal pernah menyibak jika mangga arumanis ini mempunyai kandungan nutrisi yang lebih unggul dibandingkan dengan mangga pada umumnya,dan juga mangga arumanis ini tidak hanya enak saja namun juga berguna sekali untuk kesehatan tubuh.

Harga Bibit Mangga Harumanis

Buah Mangga jenis arumanis ini sebenarnya lebih kaya akan nutrisi yang baik untuk perawatan kulit dibandingkan jenis mangga lain seperti gadung atau manalagi. Jika anda tipe orang yang haus akan sebuah informasi tentang kandungan buah-buah,maka sekarang inilah saatnya anda membuka wawasan anda tentang manfaat buah mangga arumanis yang tentunya sangat berbeda tipis dengan manfaat pada buah mangga pada umumnya.

Cara budidaya pohon mangga arumanis

·         Syarat tumbuh tanaman mangga arumanis

Pohon mangga arumanis tumbuh baik di daerah yang memiliki ketinggian mencapai 300 – 500 mdpl. Pohon mangga arumanis sangat menyukai tanah yang memiliki kadar asam pH mencapai 5 – 6 . Alangkah baiknya pohon mangga manis ditanam di daerah yang memiliki aliran drainase yang cukup dan baik. Pohon mangga manis ini juga memerlukan masa kering selama 3 – 4 bulanan, jadi pemilihan daerah lahan sangat diperlukan.

·         Tahap persiapan bibit tanaman mangga arumanis

Pilih bibit mangga arumanis yang berkualitas tinggi dan baik, dan juga tentunya sesuai dengan selera mangga arumanis daerah setempat agar mudah laku di pasaran. Bibit mangga arumanis saat ini mudah untuk didapatkan karena terdapat di toko bibit tanaman. Namun tetap diperlukan sikap hati – hati dalam memilih penjual bibit , karena bibit mangga arumanis penipuan (tidak sesuai jenis yang diinginkan) sudah banyak beredar di masyarakat. Bibit mangga arumanis yang tersedia saat ini ada 2 jenis yakni bibit generatif (biji) dan bibit vegetatif (cangkok dan okulasi). Namun apabila menginginkan pohon mangga arumanis yang cepat berbuah dan memiliki sifat sesuai induknya sebaiknya pilih bibit yang vegetatif , karena jika menggunakan bibit generatif , menghasilkan bakal pohon yang lama berbuah ( 7 tahun baru berbuah )  dan sifat bakal pohon kadang tidak sesuai dengan induknya.

·         Tahap persiapan lahan budidaya pohon mangga arumanis

Lahan yang akan digunakan untuk perkebunan mangga arumanis sebaiknya dibersihkan dahulu dari semak – semak dan gulma. Kemudian jika lahan sudah bersih selanjutnya adalah melakukan pengukuran jarak tanam. Jarak yang ideal untuk per pohon mangga arumanis adalah 10 cm x 10 cm atau 12 cm x 12 cm. Selanjutnya adalah membuat lubang tanam, apabila lahan memiliki tanah yang bertekstur keras buat lubang tanam ukuran 1 x 1 x 1 m. Apabila lahan itu memiliki tanah yang bertekstur lebih lembut buat lubang tanam ukuran 60 x 60 x 60 cm. Lubang tanam yang sudah dibuat kemudian dibiarkan selama kurang lebih 1 bulan untuk menetralkan asam pH yang terkandung dalam tanah. Pembuatan lubang tanam yang pas adalah pada waktu sebelum musim hujan tiba.

Harga Bibit Mangga Harumanis

·         Tahap penanaman bibit mangga arumanis

Bibit yang sudah disiapkan sebelumnya ini kemudian dimasukkan ke dalam lubang tanam. Sebaiknya bibit mangga arumanis ini diletakkan tepat di tengah lubang tanam dan bibit mangga arumanis ini hanya dimasukkan ke lubang tanam sampai bagian leher akar saja jangan semua bagiannya. Lakukan kegiatan penanaman bibit mangga arumanis pada pagi atau sore hari agar bibit baru tidak langsung terkena paparan sengatan sinar matahari. Setelah melakukan penanaman, bibit mangga  arumanis ini sebaiknya disiram air secukupnya. Waktu yang baik untuk melakukan penanaman bibit mangga arumanis adalah pada saat musim hujan.

·         Tahap perawatan bibit pohon mangga arumanis

Perawatan bibit mangga ini dilakukan kegiatan antara lain penyulaman, penyiraman , dan penyiangan. Lakukan pemantauan kebun bibit mangga arumanis secara rutin, segera sulam bibit yang sekiranya sudah mati, tumbuh tidak normal, dan terserang penyakit dan hama. Awal – awal bibit mangga arumanis ini memerlukan cukup banyak air supaya pertumbuhannya semakin optimal.

Berikut ini ulasan singkat mengenai buah Mangga Arumanis

1. Mencegah jerawat

Manfaat buah mangga arumanis yang pertama adalah dapat mencegah timbulnya jerawat. Praktek semacam ini kerap sekali dipublikasikan dalam berbagai metode yang paling sederhana ialah dengan cara mengoleskan bulir mangga pada kulit wajah secara bertahap,maka dengan begitu akan membantu membersihkan dan menghilangkan pori-pori  di area sekitar wajah,serta secara signifikan mampu mencegah terjadinya masalah penyebab komedo dan jerawat. Nutrisi yang ada di dalam buah mangga jenis arumanis ini akan membantu menjaga secara reguler agar kulit anda tetap sehat,bersih,dan menyegarkan dengan rutin membersihkan semua bakteri yang ada pada kulit.

Selain itu, mangga serut ini merupakan pelembab alami yang sangat baik untuk kulit sensitif. Mangga serut ini juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dengan melarutkan kelebihan minyak serta menyembuhkan bekas luka serta menutrisi kulit Anda.

2. Menyehatkan kulit

Buah mangga arumanis ini ternyata  memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis mangga lain,hal ini dikarenakan bahwa mangga arumanis cenderung kaya akan vitamin, mineral, hingga antioksidan yang mana semuanya dalam dosis yang sangat memadai.

Di dalam buah mangga arumanis ini anda akan menemukan beragam jenis vitamin seperti  C, A, B6, E, K, beta-karoten, magnesium, dan tentunya masih banyak lagi,dengan adanya nutrisi-nutrisi semacam itu maka dipastikan pula bahwa mangga arumanis ini dapat menjaga kesehatan tubuh juga akan mendorong kesehatan kulit Anda asalkan digunakan secara rutin dan tidak berlebihan.

3. Meredakan inflamasi pada kulit

Senyawa Mangiferin yang ditemukan pada biji dan kulit buah mangga jenis arumanis ini merupakan salah satu senyawa antioksidan yang dikategorikan mempunyai daya yang sangat kuat. Dengan adanya antioksidan semacam ini dapat membantu meredakan peradangan akibat jerawat dan kondisi peradangan kulit lainnya.

4. Mendorong terbentuknya kolagen

Vitamin A dan C yang ada pada buah mangga arumanis ini dapat membantu menjaga sistem imun di dalam tubuh dengan cara menghasilkan berbagai nutrisi protein jenis kolagen. Protein dengan kadar kolagen yang cukup banyak ini adalah salah satu rantai asam amino yang dapat membangun jaringan ikat tubuh agar semakin kencang.

6. Mencegah kanker

Buah mangga jenis arumanis ini adalah salah satu varietas yang cukup unggul dibanding mangga lainnya,yang mana buah mangga arumanis ini ternyata memiliki jumlah pektin yang cukup besar, yang mana dengan adanya zat pektini ini akan menjadikan serat pada makanan akan larut secara efisien berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>