Morfologi Pohon Kelapa

Pada umumnya tanaman kelapa ini sangat banyak ditemui di area pesisir pantai,dan juga sangat membantu dengan adanya pohon kelapa ini,selain mencegah terjadinya gelombang yang cukup besar namun juga cocok untuk tempat berteduh dari terik panas matahari.

Kelapa merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mana masih termasuk kedalam suku aren-arenan atau Arecaceae yang mana jenis tersebut merupakan salah satu sebuah anggota tunggal dalam marga Cocos.

Morfologi Pohon Kelapa

Tanaman kelapa  ini sangat banyak dimanfaatkan di hampir semua bagiannya oleh manusia dengan demikian buah kelapa ini kerap dianggap sebagai tumbuhan yang  serba guna.

Baca Juga: Khasiat Luar Biasa Dari Tanaman Jahe

Tumbuhan kelapa ini juga memiliki batang tunggal namun juga beruas-ruas ketika sudah tua maka tidak terlalu tampak, kelapa ini mempunyai ciri khas bertipe monokotil  yang mana dengan begitu membuat buah kelapa ini sangat dekat pada area pembuluh,lalu secara konstan menyebar (tidak konsentrik). 

Pada bagian batang tanaman kelapa,terdapat banyak sekali yang digunakan untuk pelengkap dalam pembangunan atap yang ada pada  sebuah bangunan rumah. Daun kelapa ini tersusun secara majemuk dan terlihat simetris , menyirip sejajar tunggal, pada bagian pelepah nya juga sangat berukuran cukup besar,sedangkan pada ibu tangkai agak terlihat pendek, duduk pada batang, warna daun hijau kekuningan.

Bunga pada tanaman kelapa ini sangat tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea, terdapat bunga jantan dan betina, berumah satu. Bagian bunga betina lebih menjorok ke bagian pangkal dekat karangan,sedangkan untuk varian bunga jantan di bagian yang jauh dari pangkal. Tanaman Kelapa ini mempunyai buah yang cukup  besar, dengan rata-rata diameter mencapai 10 cm sampai 20 cm atau bahkan bisa lebih.

Kelapa ini juga dominan sekali dengan warna kuning, hijau, atau coklat tua, yang mana jenis buah ini tersusun dari mesokarp dengan  bentuk serupa seperti serat yang berlignin, yang biasa orang sebut dengan sabut, yang mana fungsi dari sabut itu sendiri ialah untuk melindungi bagian endokarp yang keras (disebut batok) dan batok kelapa ini juga kedap air.

Bagian yang disebut dengan endokarp ini berfungsi untuk melindungi biji yang hanya dilindungi oleh membran yang sudah melekat menjadi satu di bagian sisi dalam endokarp. Pada bagian yang disebut dengan Pada bagian Endospermium merupakan bagian yang berupa cairan yang tentunya sangat  banyak mengandung enzim, dan tentunya juga banyak bagian pada fasa padatannya yang akan secara instan mengendap di bagian sela-sela dinding endokarp yang akan terjadi ketika buah mulai menua.

Lalu untuk bagian yang bernama endospermium yang di wujudkan berupa cairan yang tentunya sangat banyak mengandung banyak enzim, dan juga bagian fasa padatannya akan mengendapdi sela-sela dinding endokarp ketika buah mulai menua, Bagian embrio yang mempunyai ukuran kecil ini,nantinya akan mulai membesar ketika buah siap untuk berkecambah atau dalam istilah bahasa jawa disebut dengan kentos.

Berikut manfaat pohon kelapa

1.Daun

Bagian daun kelapa mempunyai posisi paling ujung atas pohon dan daun kelapa ini juga dapat dimanfaatkan oleh manusia sejak lama. Daun yang masih mudah dapat kita gunakan sebagai pembuatan kulit ketupat. 

Dan untuk daun yang sudah tua dapat  difungsikan sebagai bahan atap rumah dan dangau yang biasa ditemui di area persawahan. Sedangkan batang daunnya yang berbentuk sedikit menyirip,dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan sapu lidi yang banyak di jual di pasar-pasar tradisional yang tak lain berfungsi sebagai alat pembersih.

2.Buah

Buah dari pohon kelapa ini juga dapat dijadikan sebagai bahan masakan yang diambil santan nya,tak hanya itu buah kelapa juga berfungsi optimal sebagai obat herbal dan tentunya sebagai minuman yang menyegarkan. 

Tak hanya buah dan daging nya saja melainkan kulit kelapa ini juga dapat dijadikan bahan alas kaki dan bahan keterampilan pada pelajaran muatan lokal, misalnya membuat alas kaki di rumah atau kendaraan. Namun kulit kelapa yang biasa di sebut (sabut) dapat juga dimanfaatkan sebagai alat pembersih di dapur.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>